qnphc.org

Tantangan Health Care System adalah? Berikut penjelasan lengkapnya

Tantangan Health Care System adalah Berikut penjelasan lengkapnya

Health Care System adalahKesehatan adalah pilar penting dalam suatu negara. Angka kesehatan penduduk akan berpengaruh penting dan vital bagi kesejahteraan, ekonomi, hingga pendidikan. Berbicara tentang kesehatan masyarakat, dikenal istilah health care system yang merupakan sistem kesehatan dengan cakupan yang luas dan kompleks. Ulasan kali ini akan membahas lebih detail terkait apakah itu health care system, tantangan yang dihadapi, hingga manfaatnya bagi masyarakat. Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Health Care System adalah:

Health care system atau dalam bahasa indonesia berarti sistem pelayanan kesehatan. Seperti yang disinggung sebelumnya bahwa suatu sistem kesehatan mencakup segala elemen dan faktor yang mempengaruhi kesehatan. Menurut WHO, sistem kesehatan yang baik adalah sistem kesehatan yang mampu memberikan pelayanan kesehatan ke semua orang, kapan dan dimanapun orang itu membutuhkan, dengan tujuan yang antara lain untuk meningkatkan status kesehatan tiap individu, keluarga, dan masyarakat, melindungi masyarakat dari hal-hal yang dapat mengancam kesehatannya, melindungi masyarakat dari beban biaya yang harus dikeluarkan untuk menyembuhkan penyakit, menyediakan akses pelayanan kesehatan untuk semua lapisan masyarakat secara adil. Jika berdasarkan konsep menurut WHO, sistem kesehatan memiliki 4 elemen utama yakni stewardship, provision, resources generation, dan financing. 

Health Care System di Indonesia

Sistem kesehatan di Indonesia mengacu pada Sistem Kesehatan Nasional (SKN). Sistem Kesehatan Nasional (SKN) adalah suatu tatanan yang menghimpun berbagai upaya bangsa Indonesia secara terpadu dan saling mendukung guna menjamin tercapainya derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya sebagai perwujudan kesejahteraan umum seperti dimaksud dalam pembukaan UUD 1945. Di Indonesia, pelaku Sistem Kesehatan Nasional itu sendiri meliputi masyarakat (termasuk swasta); pemerintah eksekutif (pemerintah pusat, provinsi, kabupaten); badan legislatif (DPR, DPRD provinsi, DPRD kabupaten), serta badan yudikatif. Prinsip Dasar SKN di Indonesia adalah perikemanusiaan, adil dan merata, pemberdayaan dan kemandirian masyarakat, kemitraan, pengutamaan dan manfaat, tata kepemerintahan yang baik. SKN memiliki beberapa sektor yang harus diorganisir dengan baik, adapun sektor-sektor SKN antara lain:

  1. Formal Health Care
  2. Promosi dan Proteksi Kesehatan (Health Promotion and Protection)
  3. Prevensi
  4. Keselamatan Lalu Lintas
  5. Rokok (berkaitan dengan pajak)
  6. Kesehatan Lingkungan

Elemen Health Care System di Indonesia

Seperti yang disinggung sebelumnya bahwa health care system memiliki 4 elemen utama, selanjutnya akan dibahas lebih detail keempatnya:

  1. Stewardship

Stewardship merupakan sebuah peranan yang memberi jaminan. Jaminan ini membutuhkan kesadaran masyarakat, karena stewardship ini hanya menjamin. Ketika masyarakat tidak mampu, maka jaminan ini akan membantu. Stewardship dalam pemerintahan merupakan peran spesifik pemerintah pusat, provinsi, dan pemerintah kabupaten dalam beberapa hal berikut: membuat aturan, membuat kebijakan, memonitor kebijakan, memberikan bantuan kepada yang memerlukan bantuan, desentralisasi kebijakan

  1. Finance

Pembiayaan kesehatan di Indonesia dapat bersumber dari Out of Pocket (dana pribadi), Revenue (Subsidi pemerintah), Cost of Product, Income (insentif untuk tenaga kesehatan)

  1. Provision

Hal ini berkaitan dengan Rumah Sakit, Community Health Center, dan Human Resources. Penekanan tentang hal ini adalah mengenai pemerataan pelayanan kesehatan yang dinilai kurang merata ke seluruh daerah.

  1. Human Resources Management

Berkaitan dengan nomor 3 di atas, pemerataan sumber daya manusia juga dinilai belum merata. Beberapa dokter maupun spesialis memilih bekerja di perkotaan. Beberapa daerah kekurangan sedangkan kota mengalami flood of doctor.

Tantangan Health Care System di Indonesia

Tentu meski sudah mengacu pada peraturan dan konsep WHO, health care system di Indonesia masih memiliki tantangannya sendiri untuk diselesaikan. Misalnya saja pada saat pandemi menyerang seperti beberapa waktu belakang hingga saat ini, Indonesia masih menghadapi beberapa tantangan yang vital antara lain:

  1. Pemerataan Fasilitas Kesehatan

Kita tentu menyadari bahwa tidak semua daerah di Indonesia, memiliki fasilitas kesehatan yang merata dan memadai. Sehingga pengobatan yang diberikan kepada masyarakat pun memiliki kesenjangan yang cukup signifikan. Hal ini yang harus diperhatikan pemerintah dalam memperbaiki fasilitas kesehatan hingga ke pelosok sekalipun.

  1. Kebutuhan Tenaga Medis

Tenaga medis di Indonesia masih sebagian besar memusat di area Pulau Jawa dan kota-kota besar saja. Akibatnya jika terjadi kasus penumpukan pasien, tentu akan terjadi kesulitan dalam melakukan penanganan karena kekurangan tenaga medis, baik dokter maupun perawat. Hal ini harus menjadi fokus pemerintah dalam melakukan upaya strategis dalam rangka penyebaran tenaga medis di Indonesia.

  1. Biaya Kesehatan

Tidak semua masyarakat memiliki tingkat ekonomi yang mumpuni dalam memenuhi kebutuhan biaya kesehatan, dalam hal ini termasuk gizi sehari-hari masyarakat. Padahal, kesehatan berakar dari makanan dan pola hidup yang sehat dan bergizi. Sehingga hal ini tidak boleh diremehkan dalam mewujudkan masyarakat sehat di Indonesia.

Itulah pengertian dari health care system serta elemen dan tantangannya di Indonesia. Kita sebagai masyarakat Indonesia memegang peran penting dalam pilar kesehatan di negeri ini. Semuanya bisa dimulai dari hal kecil, seperti membiasakan diri dalam menerapkan pola hidup dan makan yang sehat. Dengan itu, kita turut berkontribusi dalam mewujudkan tantangan Indonesia bermasyarakat sehat.

Exit mobile version